Ads

Telat Cairkan Anggaran BEM UIJ Gelar Aksi Demonstrasi

 

Aliansi BEM, UKM, dan ORMAWA Saat Berorasi di depan gedung keuangan Kampus I UIJ, Kamis, (13/1). Fotografer : M.Taufik N.H  

BEM_UIJ, www.lpmmitra.id - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Jember (UIJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) menggelar aksi demonstrasi di depan gedung, guna menuntut kejelasan terkait anggaran ORKEMA yang tak kunjung dicairkan, Kamis (13/1). Koordinator Lapangan (Korlap) aksi demonstrasi, Frenky Cahyono menjelaskan, pihak BEM, UKM, dan Ormawa sudah melakukan dialog publik bersama Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan dan Keuangan pada awal bulan Desember lalu mengenai anggaran dana tersebut. “Namun, masih belum ada kejelasan,” tegasnya.

Lalu hasil pada pertemuan yang kedua, kata Frenky, berupa audiensi pada tanggal 21 Desember yang menghasilkan sebuah kesepakatan bahwa pihak Rektorat akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) pencairan dana UKM dan Ormawa selama satu periode. Selain itu, juga ada kesepakatan bahwa pihak kampus akan mencairkan dana UKM dan Ormawa tersebut paling lambat pada awal Januari 2022. “Namun, hingga saat ini masih belum dicairkan,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Rektor (Warek) II Nanang Tri Budiman berdalih, keterlambatan pencairan dana itu dikarenakan teknis pencairan yang berbeda dengan tahun sebelumnya. “Ganti sistem,” kata Nanang. Kalau dulu, lanjut dia, dana dipegang oleh keuangan, kalau sekarang diserahkan ke mahasiswa untuk dikelola sendiri. Nanang juga menambahkan, mekanisme pengawalan dana itu, untuk BEM Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP), harus memperoleh rekomendasi Dekan dan  lembaga yang satu tingkat lebih tinggi. Sehingga ada kontrol dalam penggunaan dana tersebut. Ia juga menginginkan dalam satu periode dilakukan evaluasi penggunaan dana. “Untuk meninjau keberhasilan program kerja yang mereka lakukan,” pungkasnya.  

 

Reporter :Izzata Barid Zein

Editor : Dwi Devi Khoirotun Nisa





Dipublikasikan pada : 14 Januari 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.